Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Dr Zakir Naik Seorang Pendakwah yang Berpengetahuan Luas

Nov
14
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Dr zakir naik merupakan seorang da’i agama Islam yang seringnya menyampaikan dakwah melalui ceramah serta debat terbuka di seluruh dunia. Selain dikenal sebagai seorang pendakwah, beliau juga seorang penulis buku Islam terkenal yang setiap karyanya begitu menarik perhatian dunia. Lahir pada tanggal 18 Oktober 1965, beliau secara profesi adalah seorang dokter medis yang mendapatkan gelar dari Maharashtra sebagai Bachelor of Medicine and Surgery (MBBS). Sedangkan berdakwah Islam sudah dilakukan Naik sejak tahun 1991. Melalui segala ceramah yang diberikannya, beliau menyatakan bahwa tujuannya berdakwah adalah untuk membangkitkan dasar-dasar penting tentang arti Islam yang sesungguhnya. Dimana dasar tersebut sempat memudar di kebanyakan remaja Muslim. Memudarnya dasar-dasar agama pada remaja ini disinyalir karena adanya konteks modernitas yang menjamur.

zakir naik

Lahir di Mumbai, dr zakir naik adalah seorang presiden dan juga pendiri dari Islamic Research Foundation (IRF). IRF merupakan sebuah organisasi nirlaba yang dibesut oleh beliau untuk menyiarkan jaringan saluran TV tentang islam secara gratis yaitu Peace TV Mumbai, India. Naik merupakan seseorang yang memiliki keturunan Konkani. Beliau mengecap pelajaran sekolah di St. Peter’s High School (ICSE) kota Mumbai. Setelah itu dilanjut dengan bergabung bersama Kishinch and Chellaram College serta mendalami ilmu kesehatan di Topiwala National Medical College and Nair Hospital Mumbai. Gelar MBBS yang dimiliki Naik diperoleh dari University of Mumbai.

Dakwah Terkait Perbandingan Agama

Dalam hal berdakwah, Naik mengungkapkan bahwa beliau terinspirasi dari Ahmed Deedat. Inspirator Naik ini diketahui telah berada di dunia dakwah sejak 40 tahun lamanya.  Inti dari dakwah yang disebarkan Naik adalah menyadarkan remaja untuk kembali mencintai dan menyayangi agama Islam yang dianggap sebagian orang sebagai agama yang kuno dan membosankan. Beliau mengatakan bahwa sudah tugas setiap umat muslim untuk melawan serta menghilangkan kesalahpahaman yang menyerang Islam. Disamping itu, dr zakir naik juga menulis dan berdakwah mengenai perbandingan agama Islam. Dimana di dalamnya memberikan pandangan-pandangan mengenai perbandingan agama dan mengapa Islam menjadi agama yang paling baik diantara agama lainnya. Hal tersebut ditujukan untuk menghapus keraguan umat muslim dan dunia tentang Islam. Majalah di India yang banyak menerbitkan artikel mengenai Naik adalah Islamic Voice.

Kontroversi dakwah yang diberikan dr zakir naik terkait perbandingan agama di dunia ini memang mengundang rasa penasaran agama lainnya. Maka dari itu tak heran jika disetiap kegiatan ceramahnya tak hanya diwarnai dengan umat muslim saja. Bahkan mendengar ceramah yang diberikan Naik, tak jarang umat non muslim yang mulai memeluk agama Islam sebagai agama terbaik dalam hidupnya. Seorang sosiolog terkenal Thomas Blom Hansen, menuliskan bahwa cara Naik berdakwah dengan memegang teguh pada Al Qur’an dan juga hadits yang dijelaskan menggunakan berbagai bahasa kemudian  bepergian dari satu negara ke negara lainnya menjadikan Naik begitu terkenal di kalangan umat muslim dan juga non muslim.

Tak hanya memiliki banyak hadirin di setiap ceramahnya, banyak pula kegiatan ceramahnya yang direkam kemudian diunggah ke dunia maya misalnya Youtube yang banyak ditonton oleh berbagai kalangan dunia. Setiap ceramah agama yang diunggah ke media internet, setidaknya Naik memiliki ribuan penonton yang menjadi hadirin. Tak hanya disebarkan melalui media internet, ceramah yang diberikan oleh Naik juga didistribusikan melalui DVD yang umumnya direkam ke dalam bahasa Inggris. Topik dakwah yang beliau berikan kepada hadirinnya biasanya memuat tema mengenai “Islam dan Sekularisme”, “Islam seiring dengan Ilmu Pengetahuan Modern”, “Perbandingan Islam dengan agama lainnya” dan lain sebagainya.

Setelah dr zakir naik memberikan materi ceramahnya, beliau biasanya akan membuka sesi diskusi. Dan seringnya sesi tersebut justru dipenuhi oleh pertanyaan-pertanyaan umat non muslim terkait islam dan segala ajarannya. Setidaknya hampir setiap agama menghadiri ceramah yang diberikan oleh Naik mulai dari Kristen, Budha, Hindu bahkan yang tak memiliki agama seperti Atheis sekalipun. Setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh para hadirinnya, Naik seolah bisa menjawabnya dengan sangat bijaksana sehingga umat non muslim yang menontonnya pun merasa dihargai dan dihormati. Respek yang diberikan itulah yang membuat banyak umat non muslim semakin penasaran tentang Islam. Meskipun pertanyaan yang diberikan bisa dikatakan menentang Islam, Naik tak pernah kehabisan kata untuk memberikan jawaban yang sebenar-benarnya tanpa harus ditutupi berdasarkan pedoman yang beliau pegang yaitu Al-Qur’an dan juga Hadist. Selain itu, jawaban yang diberikan Naik biasanya juga diungkapkan melalui pengandaian-pengandaian yang masuk logika siapapun yang mendengarnya sehingga para umat non muslim yang menentang Islam tersebut dapat meyakini jawaban yang diberikan.

Dr zakir naik berdakwah bukan tanpa ilmu yang memadai. Sebab beliau memiliki kemampuan menghafal yang sangat kuat. Sehingga tak hanya mampu menghafalkan setiap ayat yang ada dalam Al-Qur’an dan serta hadits Shahih Bukhari Muslim, beliau juga diketahui memiliki pengetahuan dan menguasai kitab agama Hindu yaitu Bhagavad gita, Weda dan juga Tripitaka. Pengetahuan yang luas itulah yang kemudian menggerakkan hati para hadirin yang menganut agama Hindu untuk memeluk agama Islam sebagai mu’allaf. Tanpa ragu, beliau juga memberikan penjelasan mengenai Islam dengan mengoreksi pendeta dan pastur yang salah dalam menjelaskan ayat-ayat yang terdapat dalam kitab injil atau bibble.

Dakwahnya yang diadakan di Mumbai pada ajang Konferensi Damai pada tahun 2007 bahkan sempat mengundang kemarahan anggota komunitas Syiah saat beliau menyebutkan “Radhiyallah taa’la anhu” atau dalam bahasa Indonesia Semoga Allah meridhoinya) untuk para Yazid. Melihat hal tersebut maka tak heran jika banyak orang Syiah yang menyebarkan fitnah untuk menjatuhkan Naik, salah satu fitnah yang beredar terkait dr zakir naik adalah isu Wahabi.

Sekarang ini sudah banyak dakwah dr zakir naik yang disertai dengan subtitle bahasa Indonesia. Sehingga tak jarang masyarakat tanah air juga mengikuti perkembangan ceramah yang diberikan Naik dalam setiap kesempatan.

Kedatangan Naik ke Indonesia

Sebagai negara dengan umat muslim terbanyak di dunia, Indonesia juga menarik perhatian Naik untuk menyumbangkan ilmu pengetahuannya tentang Islam. Setidaknya dr zakir naik pernah datang ke Indonesia untuk menghadiri acara penting World Assambly of Moslem Youth atau Konfrensi Pemuda Islam WAMY yang diadakan di Jakarta. Pada acara tersebut, Naik diwawancarai oleh Ustadz Muhammad Ikhwan Jalil (MI) yang merupakan Wakil Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah.

Dari hasil wawancara tersebut, Naik sempat menyayangkan media Indonesia yang tidak memiliki siaran khusus tentang Islam. Padahal negara ini merupakan negara dengan mayoritas muslim terbanyak di dunia. Selain itu, dr zakir naik juga mengungkapkan bahwa dalam hidup ini umat muslim harus mengikuti pedoman Islam yaitu Al-qur’an dan hadist. Tak hanya dibaca namun juga dihapal, dipahami dan jangan lupa untuk diamalkan.

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
085215065557
087776085557
admin[at]penjualweb.com