Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Tips Puas Berbelanja di Toko Online

Nov
05
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Berbelanja di toko online memang memberikan banyak kemudahan bagi mereka yang sibuk bekerja karena mereka tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk singgah dari satu toko ke toko lainnya. Sayangnya, maraknya toko online yang ada saat ini tidak menjamin setiap orang bisa bebas dari tindak tipu. Untuk mencegah agar Anda tidak tertipu oleh situs online yang menawarkan produk tertentu, berikut ini ada beberapa tips berbelanja secara online yang bisa Anda simak.

toko online

Hal-Hal yang Harus Diingat Ketika Mengunjungi Toko Online

  1. Periksa Website yang Anda Kunjungi

Saat ini ada banyak penjual yang menjajakan produk mereka secara online. Sebelum melakukan pemesanan karena barang yang ditawarkan sangat menarik, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu apakah website tersebut aman dari tindak penipuan. Jika tidak yakin, sebaiknya Anda mencari situs lain yang lebih terpercaya. Ada bisa melihat beberapa ulasan yang dibagikan oleh orang-orang yang pernah bertransaksi melalui situs yang Anda cari.

  1. COD atau Bertemu Langsung dengan Penjual

COD merupakan singkatan dari Cash on Demand. Sebagian besar penjual barang bekas di toko online yang alamatnya tidak jauh dari tempat konsumen akan bersedia apabila diajak COD dengan konsumen. Apabila suatu kali Anda mendapati penjual yang tidak bersedia diajak bertemu saat Anda ingin bertemu langsung untuk mengecek barang, Anda boleh curiga karena mungkin saja Anda kena tipu. Namun, jika Anda menemukan cara untuk mengetahui bahwa penjual tidak menipu, maka Anda bisa melakukan transaksi jual beli.

  1. Mengecek Testimoni Konsumen

Selain mengecek reputasi penjual yang menawarkan produk online, salah satu cara agar aman dan puas saat berbelanja di toko online adalah mengecek testimonial konsumen yang pernah melakukan transaksi dengan penjual di situs tersebut. Walaupun penjual tersebut merupakan penjual yang terpercaya, terkadang beberapa konsumen tidak puas mengenai barang atau produk yang dijual. Hal ini juga patut dipertimbangkan agar Anda tidak kecewa dan kapok nantinya.

  1. Menghindari Memberi Informasi yang Tidak Perlu

Beberapa situs toko online akan menanyakan beberapa hal saat Anda mulai tertarik untuk berbelanja. Agar tetap aman dari target penjual nakal, Anda sebaiknya waspada untuk tidak memberikan informasi yang sebenarnya tidak perlu Anda beritahukan seperti gaya hidup, gaji bulanan, dan sebagainya. Apabila penjual menanyakan hal seperti itu dan Anda memberikan jawaban pada mereka mengenai keadaan Anda, Anda bisa menjadi target penjual tersebut untuk meningkatkan angka penjualan.

  1. Menyimpan bukti transaksi

Setelah Anda melakukan transfer uang kepada penjual, sebaiknya Anda menyimpan struk transaksi tersebut karena ia bisa menjadi bukti jika Anda tertipu. Bukti tersebut bisa Anda serahkan kepada polisi untuk diselidiki. Selain itu, Anda juga harus menyimpan bukti komunikasi email atau sms dengan penjual agar ada bukti apabila penjual ternyata adalah penipu.

Harga produk online yang terlalu miring juga perlu dicurigai. Tidak sedikit wanita yang akan tergiur dengan produk online tertentu karena harganya yang sangat murah. Karena itulah sebagian besar korban penipuan belanja online adalah wanita. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencari harga rata-rata produk tersebut di toko online lain atau menanyakan bagaimana kualitas barang yang sangat murah tersebut.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda pelajari agar aman dan puas ketika berbelanja di toko online. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, resiko terkena tindak tipu pun bisa diminimalisir. Anda pun tidak harus merasakan pengalaman pahit berbelanja online.

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
087776085557
admin[at]penjualweb.com