Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Tips Melakukan Staycation Seru dan Menyenangkan Bersama Keluarga

Nov
14
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Liburan merupakan hari yang ditunggu-tunggu bersama keluarga. Namun, bagaimana jika  keuangan tidak mencukupi untuk mengajak seluruh anggota keluarga liburan bersama? Maka staycation merupakan solusi yang terbaik. Staycation adalah cara hemat liburan yang menyenangkan tanpa harus pergi keluar kota ataupun luar negeri. Oleh karena itu, tak jarang yang mencari tahu mengenai tips melakukan staycation yang seru. Staycation berasal dari bahasa inggris yaitu “stay” kemudian vacation“. Makna dari staycation adalah berlibur, namun tetap tinggal di dalam rumah atau bisa juga berlibur namun hanya pergi ke tempat-tempat yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Bagi anak-anak, liburan dan hanya berada di rumah tentu akan menjadi hal yang sangat membosankan. Namun, Anda sebagai orang tua bisa mengubah rasa bosan tersebut dengan berbagai tips staycation di bawah ini agar liburan tetap bisa dilewatkan dengan rasa bahagia.

Tips melakukan staycation

6 Tips Melakukan Staycation yang Menyenangkan Bagi Anak

  1. Aktivitas yang Biasa

Tips melakukan staycation yang pertama adalah mencari aktivitas menyenangkan. Ternyata, aktivitas yang kita anggap biasa saja bisa jadi menarik di mata anak-anak seperti memasak, bermain petak umpet, nonton film bersama, menggambar dan lain sebagainya. Kegiatan ini tentu sangat berguna untuk menambah rasa keingintahuan anak terhadap suatu hal. Misalnya saja, jika kegiatan yang dilakukan adalah nonton film bersama. Maka Anda bisa memberikan pelajaran terkait hal-hal positif yang ada pada film tersebut. Namun, perlu diingat bahwa menonton film bersama anak harus disesuaikan dengan usianya. Jangan sampai anak melihat hal yang semestinya belum boleh dilihat. Selain menonton, kegiatan memasak juga bisa dijadikan staycation yang seru, terutama jika dilakukan bersama suami ataupun istri beserta buah hati tercinta.

  1. Jalan-jalan di sekitar rumah

Tips melakukan staycation selanjutnya adalah berjalan-jalan di sekitar rumah. Liburan tidak harus berpergian jauh, bukan? Berjalan-jalan di taman dekat rumah atau melihat pertandingan bola yang diadakan lingkungan sekitar rumah juga bisa menjadi staycation yang patut Anda dicoba. Tak hanya mendapatkan liburan yang seru, berjalan-jalan di sekitar rumah juga akan mempererat silaturahmi antara keluarga Anda dengan tetangga sekitar. Anak juga akan diajari bagaimana caranya bersosialisasi yang baik dengan orang sekitarnya termasuk dengan tetangga. Dengan demikian, anak akan menjadi sosok yang hangat dan perhatian terhadap sesamanya.

Tak hanya itu, tips melakukan staycation dengan cara jalan-jalan di taman juga membuat Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Di taman dekat rumah tersebut, Anda bisa menyediakan tikar dan juga bekal untuk keluarga bersantai menikmati indahnya sore.

  1. Belanja bulanan

Banyak yang mengira bahwa belanja bulanan adalah hal yang membosankan. Padahal, bagi anak menemani orang tuanya berbelanja bulanan di mall atau pasar merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan. Oleh karena itu, tips melakukan staycation yang ketiga adalah mengajak anak belanja bulanan di pasar atau mall. Dengan berbelanja, maka mereka akan merasa liburannya tidak membosankan karena ada banyak hal yang bisa mereka lihat.

  1. Nonton Bioskop

Jika film di rumah sudah habis ditonton, maka Anda bisa mengajak anak staycation dengan menonton film di bioskop bersama-sama. Ajak mereka menonton film kartun dan animasi kesukaannya. Meskipun begitu, sama halnya dengan menonton di rumah, Anda harus tetap mengawasi film apa yang akan ditonton sesuai dengan umurnya.

  1. Berkunjung ke rumah saudara

Tips melakukan staycation berikutnya adalah berkunjung ke rumah saudara yang dekat dengan tempat tinggal. Misalnya saja rumah kakak ipar, nenek, mertua dan keluarga dekat lainnya. Selain menjalin silaturahmi, Anda juga akan memperkenalkan anak-anak dengan keluarga terdekat yang dimilikinya. Begitu, anak tidak akan merasa asing saat sudah dewasa nanti. Tak perlu menghabiskan uang banyak, Anda hanya perlu membuat masakan sederhana untuk dibawa ke rumah saudara terdekat sebagai oleh-oleh agar kehangatan semakin terjalin.

  1. Camp di halaman rumah

Siapa bilang camp harus di atas gunung, hutan atau lokasi wisata? Kegiatan berkemah bersama anak tetap bisa Anda lakukan di halaman belakang atau depan rumah. Cukup dengan memasang tenda mini beserta dengan tikar dan masakan ala perkemahan. Anda akan membuat anak merasa berlibur di luar rumah. Meskipun sebenarnya terlihat sangat sederhana bagi orang dewasa, tips melakukan staycation dengan berkemah di halaman rumah ini merupakan salah satu alternatif bagi Anda untuk mengajarkan anak bagaimana caranya bertahan hidup di alam bebas.

Melihat beberapa tips staycation tersebut, bisa disimpulkan bahwa tak semua liburan harus mengeluarkan uang banyak dengan pergi ke lokasi wisata luar kota atau bahkan luar negeri. Hanya saja, memang membutuhkan rencana yang matang terkait bagaimana dan dimana liburan staycation bersama keluarga akan dilakukan. Demikian ulasan mengenai tips melakukan staycation. Semoga bisa dijadikan referensi bagi Anda yang bingung bagaimana menghabiskan waktu liburan yang cukup panjang.

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
087776085557
admin[at]penjualweb.com