Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Resiko Bisnis Online dan Solusinya

Nov
08
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Salah besar jika orang menganggap bisnis online adalah bisnis yang tidak mengandung resiko. Apapun jenisnya, resiko bisnis online selalu ada terlepas dilevel bawah menengah ataupun tinggi. Intinya bisnis apapun, secara online maupun offline, selalu ada resikonya dan ini sudah menjadi hukum sebuah bisnis.

resiko bisnis online

Kembali ke bisnis online, bisnis yang dikelola secara online memang beberapa tahun terakhir semakin populer. Bisnis online, menurut para pelakunya memang menjanjikan keuntungan sekaligus pemasaran yang mudah. Namun meski begitu tak lantas bisnis online bebas resiko. Tanpa melalui tata kelola yang benar, resiko menderita kerugian cukup besar apalagi jika terlanjur mengeluarkan modal besar untuk bisnis tersebut.

Bisnis online sebenarnya masalah interaksi dengan konsumen. Bisnis semacam ini mau tak mau akan melibatkan banyak orang dengan berbagai karakter (dalam hal ini  konsumen). Jadi sebelum memutuskan terjun di bisnis online kita harus diap dengan resiko positif dan negatifnya. Apapun masalahnya nanti, kuncinya hanya kesabaran dan tidak mudah putus asa. Terutama dalam menghadapi komplain konsumen misalnya.

Resiko Bisnis Tidak Berkembang

Resiko yang membuat orang ‘alergi’ dengan bisnis online umumnya karena bisnis tidak berkembang, terutama jika sudah berinvestasi cukup besar untuk bisnis tersebut. Hal ini umumnya disebabkan kita terlalu bernafsu memburu keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa mengkaji ulang dibaliknya resiko jual beli online.

Dari sejumlah kasus terkait resiko bisnis online, sebenarnya tidak hanya konsumen yang rentan dengan penipuan (misalnya berbelanja di toko online fiktif), namun pengelola bisnis online juga memiliki resiko penjualan online yang sama. Kasus yang paling sering terjadi adalah konsumen abal-abal yang berpura-pura menjadi pembeli. Mereka mengklaim sudah mentranfer sejumlah uang dengan menunjukkan bukti transfer palsu. Berkaca dari kasus ini pihak penjual online dituntut cerdas untuk menolak mengirimkan barang jika memang tidak ada uang masuk dari bank yang ditunjuk.

Imej buruk toko online juga disebabkan oleh sistem promosi yang berlebihan dan dilebih-lebihkan. Intinya produk yang ditawarkan ke konsumen kualitasnya biasa saja namun tidak sebanding dengan sistem marketing yang super heboh. Dalam kondisi seperti ini kemungkinan ditinggal konsumen sangat besar karena mereka teranjur kecewa dengan produk yang tidak sesuai dengan apa yang dipromosikan. Intinya meskipun tujuannya supaya konsumen lebih tertarik untuk membeli, namun konsumen lebih menganggap ini bentuk penipuan dan tidak mau lagi berbelanja di toko online yang sama.

Satu lagi resiko bisnis online yang paling fatal adalah kesalahan pembuatan website. Banyak kasus dimana konsumen tidak tertarik berbelanja di toko online tertentu karena website toko online tersebut tidak menarik dan terkesan biasa-biasa saja. Dalam hal ini selain produk berkualitas, tampilan website toko online harus terlihat menarik, atraktif, dan tidak monoton. Semakin menarik tentu semakin banyak pengunjung, dengan sendirinya peluang konsumen untuk berbelanja juga semakin besar.

Lantas bagaimana membuat website toko online terlihat menarik di mata konsumen? Jawabnya hanya ada pada penjualweb.com. Mengapa? Penjualweb.com adalah jasa layanan pembuatan website profesional, terpercaya, dan paling murah. Ribuan klien yang sudah membuktikan jasa layanan ini dan kini giliran Anda. untuk informasi lebih lengkap kunjungi www.penjualweb.com atau CP: 085215065557 (fast respons).

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
085215065557
087776085557
admin[at]penjualweb.com