Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Pesona Wisata Taman Laut Bunaken di Manado yang Memikat Hati

Okt
21
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Wisata Bunaken Manado merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia, selain Raja Ampat Papua dan Pulau Weh di Sabang. Pesona wisata taman laut Bunaken memang begitu memikat hati. Tempat wisata di Manado yang satu ini sudah sangat terkenal tidak hanya di kalangan wisatawan domestik saja, bahkan wisata Bunaken juga telah menarik banyak perhatian wisatawan dari mancanegara. Keindahan terumbu karang dan surga bawah laut di Bunaken Manado menjadi salah satu bagian dari sejumlah spot penyelaman yang ada di dunia. Tidak heran jumlah kunjungan wisata ke Bunaken Manado mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

taman laut bunaken

Taman Laut Bunaken berada di sebelah utara Sulawesi dan tepatnya terletak di kawasan Teluk Manado. Taman Laut Bunaken, Pulau Siladen dan juga Pulau Mantehage inilah yang membentuk sebuah Taman Nasional Bunaken Manado yang telah diresmikan pemerintah Republik Indonesia.

Transportasi dari/ke Bunaken Manado

Akses transportasi menuju tempat wisata Bunaken Manado kini bisa dikatakan sangat mudah. Bandara Sam Ratulangi melayani rute penerbangan langsung dari dan ke luar negeri, seperti ke Manila, Singapura, Kuala Lumpur, dan juga Davao di Negara Filipina. Kemudian, fasilitas penunjang di terminal penumpang bandara ini juga telah berstandar internasional. Anda bisa menggunakan taksi dari bandara tersebut menuju kota Manado dengan biaya sekitar 150.000 hingga 200.000 Rupiah.

Perjalanan menuju Pulau Bunaken dari kota Manado, terdapat dua pilihan. Pertama, berangkat dari Pasar Bersehati dengan menyewa kapal sekitar 300.000 hingga 400.000 Rupiah. Kedua, berangkat dari Marina ribu dengan tarif yang lebih mahal berkisar 600.000 – 800.000 Rupiah menggunakan kapal pesiar. Bagi Anda yang langsung menuju lokasi penyelaman di Pulau Bunaken, lama waktu yang dibutuhkan sekitar 20 menit. Sementara Anda yang berangkat dari Marina, perjalanan yang ditempuh untuk sampai di Pulau Bunaken hanya sekitar 10-15 menit. Ada juga cara lain dari Manado menuju Pulau Bunaken dengan biaya yang lebih terjangkau. Anda bisa memilih kapal tradisional dengan biaya hanya 50.000 per orang dan akan sampai di Pulau Bunaken dalam waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Tiket Masuk Wisata Bunaken

Anda bisa mendapatkan tiket dan tanda masuk Pulau Bunaken di kota Manado atau langsung di Taman Nasional Bunaken, sehingga akan dipersilahkan memasuki kawasan wisata Taman Laut Bunaken. Harga tiket masuk wisata Bunaken hanya 2.000 Rupiah per orang untuk satu hari bagi wisatawan domestik, sementara turis asing harus membayar 50.000 Rupiah atau bisa langsung membeli tiket untuk satu tahun seharga 150.000 Rupiah.

Taman Laut Bunaken

Pesona Taman Laut Bunaken

Alam bawah laut di Bunaken memiliki karakteristik Underwater Great Walls yang disebut juga dengan hanging walls. Artinya dinding-dinding karang raksasa tersebut berdiri secara vertikal dan menjorok ke atas dengan ketinggian sekitar 25 hingga 50 meter. Dinding karang tersebut menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di kawasan Teluk Manado.

Pesona utama wisata Bunaken terletak pada terumbu karang yang ada di alam bawah laut Bunaken. Terumbu karang di taman laut Bunaken merupakan tempat hidup sekitar 2.000 jenis ikan dan beragam biota laut. Spesies ikan yang sering dijumpai, diantaranya wrase, dansel, trigger, sweetlip, unicorn, dan yang lainnya. Kedalaman lautan Bunaken mencapai hingga 1000 meter. Pada bagian dalam laut, Anda bisa melihat berbagai jenis ikan besar, misalnya marlin, ikan tuna, hiu kepala palu, layar, pari, cakalang, barakuda, lumba-lumba, hingga paus. Bahkan bila beruntung, Anda akan menjumpai spesies ikan yang tergolong hampir punah sehingga langka, seperti hewan dugong, kura-kura, dan ikan raja laut (coelacanth).

Kegiatan Wisata Bunaken

Bunaken memang menyuguhkan pesona yang memikat hati dengan panorama pantai yang indah, air laut yang kehijauan dan tidak ketinggalan pemandangan alam sekitar laut yang berkesan. Tidak heran dengan berjalan kaki mengelilingi pantai Bunaken saja, Anda sudah mendapatkan pengalaman wisata yang menarik. Bagi Anda yang suka jalan-jalan mengarungi taman lautan Bunaken, tidak ada salahnya menaiki Katamaran yang disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken. Katamaran ini merupakan kapal yang berdinding kaca, sehingga memudahkan Anda dalam menikmati keindahan bawah laut Bunaken. Selain Katamaran, Anda juga bisa memilih menggunakan kapal selam Blue Banter yang hanya beroperasi ketika air laut pasang. Namun, Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membayar tariff kapal selam Blue Banter tersebut. Meskipun begitu, Anda akan mendapatkan pengalaman wisata bahari yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.

Taman Laut Bunaken

ilustrasi snorkle

Anda bisa melakukan kegiatan wisata yang paling menarik di Bunaken, seperti snorkel dan diving. Di kawasan wisata taman laut Bunaken. Anda akan menemui banyak tempat persewaan alat snorkel dan diving. Pada umumnya harga sewa peralatan sudah fixed atau tidak bisa ditawar juga berlaku sama di berbagai tempat penyewaan yang ada di Bunaken. Sebagai gambarannya, Anda membayar harga sewa 150.000 Rupiah untuk peralaan snorkel yang sudah meliputi masker, sepatu katak, dan wetsuit. Selain peralatan, Anda juga bisa menggunakan jasa pemandu yang tentunya sudah berpengalaman. Hal ini memudahkan Anda yang belum pernah atau belum terbiasa menyelam (diving), sehingga pemandu akan mengajari teknik-teknik penyelaman. Selama diving, anda juga bisa mengambil foto-foto di bawah laut dengan membayar sekitar 350.000 Rupiah.

Penginapan dan Hotel di Bunaken

Anda yang mencari penginapan atau hotel murah, bisa menemukannya di Bunaken dan kota Manado. Pilihan penginapan di kota Manado, mulai dari hotel melati yang menawarkan harga sewa 100.000 Rupiah per malam hingga hotel bintang lima dengan tarif jutaan rupiah. Sementara bila menginginkan tempat menginap di Pulau Bunaken, Anda bisa mengambil cottage atau rumah tinggal yang tersedia di sepanjang pantai. Harga sewa cottage bervariasi, tergantung jaraknya ke lokasi taman laut Bunaken. Pada umumnya harga sewa dihitung per orang sekitar 150.000 hingga 350.000 per malam. Harga sewa tersebut sudah termasuk makan tiga kali sehari dengan menu sajiannya dominan seafood.

tags:

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
087776085557
admin[at]penjualweb.com