Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Memaknai Semangat Perjuangan Pahlawan di Masa Lalu dari Peringatan Hari Pahlawan

Nov
05
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Tanggal 10 November merupakan hari yang bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Ya, tanggal tersebut merupakan hari yang diperingati sebagai Hari Pahlawan. Di tanggal yang sama di masa lalu, para pahlawan gigih berjuang mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia di kota Surabaya. Karena itu, sebagai bukti telah menjadi warga negara yang baik, setidaknya Anda mengetahui latar belakang peristiwa 10 November di Surabaya. Jika Anda belum cukup tahu benar sejarah peristiwa ini, berikut beberapa kilasan singkat serta makna apa yang bisa dipetik dari peristiwa tersebut.

hari pahlawan

Peristiwa 10 November yang melatarbelakangi Hari Pahlawan

Hari Pahlawan dilatarbelakangi oleh sebuah insiden di Surabaya yang terjadi pada tanggal 10 November 1945. Di waktu subuh hari itu, para pasukan Inggris melakukan pembersihan di seluruh sudut kota Surabaya. Hal ini terjadi karena sebelumnya himpunan Arek-Arek Suroboyo menolak untuk menyerahkan senjata dan sejenisnya kepada pasukan Inggris yang masih berupaya untuk menduduki kota Surabaya. Pembersihan yang dilakukan oleh pasukan Inggris ini membuat ribuan rakyat Surabaya berupaya untuk mempertahankan tanah kelahiran mereka.

Sebagai akibatnya, lebih dari 6000 warga Surabaya yang melawan pasukan penjajah harus gugur dan beberapa ribu orang lainnya terpaksa meninggalkan kota Surabaya. Pertempuran antara Arek Suroboyo dengan pasukan penjajah yang berlangsung selama tiga minggu membuktikan betapa gigihnya para pahlawan untuk mempertahankan tanah air mereka. Karena itulah selanjutnya pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 10 November sebagai hari Pahlawan.

Menilik kembali sejarah bagaimana para pejuang bertempur dengan pasukan Inggris, sudah sepantasnya warga negara yang baik memberikan penghargaan dan penghormatan terhadap jasa para pahlawan. Di masa itu, para pahlawan hanya bertempur menggunakan alat yang bisa dijadikan senjata seperti bambu runcing dan sebagainya. Berbeda dengan pejuang Indonesia, para penjajah menggunakan senjata senapan, granat, dan sebagainya. Kalaupun menggunakan senapan dan sebagainya, pejuang Indonesia harus merampasnya dari pasukan penjajah agar dapat menyeimbangkan perlawanan.

Meskipun di era modern perjuangan yang dilakukan tidak sama dengan apa yang dilakukan oleh pahlawan di masa lalu, namun pada peringatan Hari Pahlawan Anda dapat mengunjungi makam para pahlawan dan mendoakan kebaikan mereka di masa lalu. Hal ini sebagaimana pepatah seorang tokoh bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

Selain itu, dari peristiwa yang melatarbelakangi peringatan hari untuk mengenang jasa para pahlawan, Anda bisa mengimplementasikan semangat bertahan dan berjuang. Sebagai contoh, seorang anak muda yang bersekolah setinggi mungkin harus tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kebaikan yang diajarkan agar tidak meudah terpengaruh oleh paham yang menyesatkan. Dengan begitu, seseorang tidak akan kehilangan jati dirinya seperti apapun lingkungan Anda.

Seperti halnya para pahlawan yang mengorbankan nyawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Anda yang sedang mencita-citakan sesuatu juga harus ingat bahwa segala sesuatu yang diperjuangkan pasti membutuhkan pengorbanan. Seorang pelajar yang ingin pandai harus mengorbankan banyak waktu mereka untuk belajar. Demikian pula dengan seseorang yang ingin memulai bisnis juga harus mengorbankan banyak hal agar bisnis yang dijalankan sukses.

Demikian beberapa hal terkait Hari Pahlawan yang bisa dipelajari dan dipahami oleh Anda sebagai bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Dengan mengingatkan kembali para pejuang modern terhadap nilai-nilai moral, Anda bisa tetap memegang kuat ideologi dan jati diri sehingga tidak terombang ambing oleh segala pengaruh negatif yang ada di masa sekarang.

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
085215065557
087776085557
admin[at]penjualweb.com