Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Android OS & Versi Yang Terbarunya

Nov
08
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Sistem operasi atau yang sering disebut Operating System merupakan seperangkat program yang bertugas mengelola sumber daya hardware atau perangkat keras komputer dan gadget tipe Smartphone. Sistem operasi ini juga menyediakan layanan umum aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi menjadi perangkat yang paling penting dari semua perangkat lunak pada sistem komputer maupun smartphone. Tanpa Operating System ini, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer maupun gadget mereka. Ada banyak Operating System, tetapi yang paling banyak dignakan adalah OS Android.

android

Jenis-Jenis OS Android yang Pernah Menjadi “Terbaik” di Masanya

OS Android memiliki perkembangan yang cukup pesat. Banyak sekali smartphone yang memakai sistem operasi berlogo “robot hijau” ini. Vendor smartphone terkenal yang memakai OS ini diantaranya adalah Samsung, Sony dan masih banyak yang lainnya. Dalam perkembangannya, OS berlogo robot hijau ini mulai dirilis tahun 2009 dengan versi 1.1 yang tentu masih banyak kekurangan di berbagai lini. Pada bulan Maret 2009, OS “robot hijau” ini mengeluarkan versi 1.5 yang diberi nama Cup Cake dan pertama kali diaplikasikan pada smartphone HTC. Berikut ini adalah lima jenis OS berlogo robot hijau yang pernah menjadi terbaik di masanya.

Pada tahun 2010, muncul OS Android versi 2.3 Gingerbread. Sistem operasi ini memiliki banyak peningkatan dari sistem sebelumnya. Dengan menggunakan OS ini, pengguna smartphone sudah bisa menikmati layanan BBM. Gingerbread memang dirancang khusus untuk memaksimalkan kemampuan game dan aplikasi. Pada versi ini, mulai dibekalkan Near Field Communication (NFC). Pada tahun 2014 lalu, Gingerbread menjadi OS yang paling banyak digunakan, yaitu sekitar 65% dari semua versi smartphone OS “robot hijau” yang pernah dirilis.

Pada tahun 2011, Andorid juga mengupdate versi teranyarnya, tepat pada tanggal 10 Mei 2011 diumumkan versi terbaru dari OS ini, yaitu versi 4.0 Ice Cream Sandwich. Fitur-fitur baru yang terdapat pada Ice Cream Sandwich adalah fitur keamanan kunci dengan pengenalan wajah, pemantauan data dan kontrol jaringan, perangkat tambahan untuk fotografi dan masih banyak yang lainnya. Smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Pada dasarnya, OS sebelumnya pun bisa diupgrade ke versi yang terbaru ini.

Puncak kejayaan OS dengan logo robot hijau ini adalah saat diperkenalkannya Android versi. 4.1 Jelly Bean yang hampir dipakai oleh seluruh smartphone. Jelly Bean ini mengalami perbaikan hingga versi 4.3. Peningkatan fitur terdapat pada input keyboard, desain anyar fitur pencarian, dan Google Now juga menjadi bagian yang mengalami pembaruan. Sampai pada versi teratasnya, yaitu versi 4.3 Jelly Bean, smartphone yang pertama kali menggunakan OS ini adalah Samsung Nexus 7 Generasi 2.

Pada tahun 2013, tepatnya 3 September 2013, pihak Samsung resmi mengumumkan OS terbarunya, yaitu Android versi 4.4 Kitkat. Awalnya, OS ini akan diberi nama “Key Lime Pie”, tetapi nama itu berubah karena hanya sebagian kecil orang saja yang pernah merasakan kenikmatan Key Lime Pie ini. Karena itulah versi terbaru ini diberi nama Kitkat yang lebih dikenal secara luas. Sampai saat ini, Kitkat masih banyak diaplikasikan pada smartphone menengah ke bawah. Agar lebih mengoptimalkan kinerja OS ini, smartphone yang menggunakan OS ini harus memiliki RAM minimal 1 GB.

Android penerus Kitkat adalah versi 5.0 atau Lollipop. Versi ini pertama kali dirilis pada tahun 2014 lalu. Pada OS ini, perbaikan dilakukan pada sistem interface dan juga akses notifikasi yang lebih mudah. Perubahan juga terjadi pada bidang platform, peningkatan performa aplikasi, dan pengoptimalan konsumsi baterei. Lollipop saat ini masih menjadi OS paling canggih diantara versi pendahulunya. Dan OS penerus selanjutnya yakni versi 6.0 atau lebih dikenal dengan nama Marshmallow. OS ini tentu lebih canggih dibanding para pendahulunya. Namun, hanya gadget kelas menengah ke atas saja yang sudah menggunakan OS ini. dan yang versi paling terbaru adalah android 7.0 Nougat.

Dari sekian banyak versi android mulai dari versi donut hingga android nougat, hingga November 2016, menurut laporan pengguna terbanyak masih meilih atau menggunkan Kitkat.  sekitar 25 % pengguna android , menggunakan versi Kitkat, disusul versi marshmallow 24 % , dan urutan ketigan lolipop yang versi 5.1 sekitar 22.8 %.  versi terbaru versi android 7.0 Nougat masih 0.3%

Sejarah perkembangan OS berlogo robot hijau ini memang sangat panjang. Perjalanan pun tidak akan berhenti pada versi android 7.0 Nougat saja. Bisa jadi pihak Google akan terus menyempurnakan OS terbaru dengan versi paling anyar di masa depan.

Keunggulan Android Dibandingkan dengan OS Lain

Android memang menjadi sistem operasi yang menguasai pasar smartphone dunia. Hal ini tentu tidak bisa terlepas dari kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, Berikut adalah kelebihan dari OS berlogo robot hijau dengan OS lainnya. Pertama dari segi Multiple Devices-nya. OS dari google ini mengharuskan pengguna untuk meregister email melalui layanan Gmail. Jika Anda memiliki banyak ponsel dengan OS ini, tidak perlu menggunakan banyak akun karena OS ini mengijinkan satu akun email untuk beberapa gadget smartphone. Keunggulan lain dari OS ini adalah tersedia banyak pilihan harga. Berbicara permasalahan smartphone, Anda pasti akan selalu dibenturkan dengan harga. Nah, smartphone dengan OS produk Google ini telah banyak digunakan oleh vendor smartphone, baik yang sudah terkenal maupun yang sedang merintis. Smartphone dengan OS ini tersedia mulai dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Keunggulan lain yang dimiliki OS dari Google ini adalah dari segi Kostumisasi. Secanggih apapun sebuah smartphone jika penampilannya itu-itu saja, pasti akan membuat pengguna merasa bosan. Nah, pada sistem operasi ini, tersedia banyak pilihan kostumisasi, dimulai dari launcher, keyboard, SMS Client, dan banyak fitur krusial lainnya. Oleh karena itu, jika Anda merasa bosan, tinggal buka saja Google Play dan berikan sentuhan pembaruan sesuai dengan keinginan Anda.

Keunggulan lain terletak pada fitur live wallpaper. Sebagian besar pengguna smartphone ingin sesuatu yang special ketika gadgetnya dalam posisi standby atau lock screen. Dukungan live wallpaper yang menarik ini menjadi salah satu kelebihan dari OS ini. Live wallpaper ini bisa ditemukan dengan mudah di Google Play. Lalu, dukungan widget pada Smartphone Android memang sangat krusial. Selain digunakan sebagai shortcut untuk menjalankan aplikasi, juga digunakan sebagai pembuka langsung suatu aplikasi tanpa membuka aplikasinya terlebih dahulu. Fitur ini menjadi daya tarik tersendiri dari OS ini.

Keunggulan selanjutnya terdapat pada Launcher. Secara umum, launcher memang lebih dikenal dengan tema. Namun, pada smartphone Android launcher ini tidak hanya merubah tampilan saja, tetapi pengguna diberikan kebebasan untuk merombak total semua yang mungkin dirombak. Banyak developer yang menyediakan aplikasi untuk ini, yang paling terkenal di Google Play adalah Go Launcher.

Demikian adalah keunggulan dari smartphone dengan sistem operasi Android. Dengan menggunakan smartphone berbasis OS ini, pengguna tentu tidak akan bosan karena ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan. Semakin canggih smartphone yang Anda gunakan, maka akan semakin maksimal pula pemanfaatan OS terbaik ini. Salah satu faktor yang membuat banyak orang menyukai sistem operasi ini adalah karena perkembangan dan updatenya yang cepat. Perbaikan dilakukan di segala bidang, seperti perbaikan bug, penambahan fitur, dan perkembangan lainnya. Google selalu melakukan update dengan segera sesuai dengan rekomendasi pelanggan. Banyaknya keunggulan yang dimili OS inilah yang membuatnya memiliki perkembangan yang cukup pesat.

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
085215065557
087776085557
admin[at]penjualweb.com