Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Fakta-Fakta Terkait Ahok

Okt
08
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Anda tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama Ahok, bahkan yang bukan dan tidak ada hubungannya sama jakartapun pasti sudah mengenalnya , AHOK seorang lelaki beretnis Tionghoa yang kini sedang menjabat sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Meskipun memiliki nama panggilan khusus yang sudah dikenal banyak orang, Gubernur Jakarta ini terlahir dengan nama Basuki Tjahaja Purnama. Beliau dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas dan anti korupsi. Hal inilah yang membuatnya disukai oleh banyak orang, namun tentunya logika politik tak selalu mulus. oleh karenanya banyak yang menjadi pembenci bapak ini. untuk itu membuatnya sukses di dalam karier politiknya. Tak hanya masyarakat DKI Jakarta yang dipimpinnya, seluruh warga Indonesia tentunya ingin lebih mengenal sosok beliau. Berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai biografi, kinerjanya sebagai Gubernur DKI Jakarta, dan sedikit informasi yang berhubungan dengan pemilihan gubernur DKI selanjutnya.

Biografi Basuki Tjahaja Purnama “AHOK”

Ahok

Basuki Tjahaja Purnama Menerima Penghargaan

 

Pak Basuki yang lebih dikenal sebagai Ahok lahir pada tanggal 29 Juni 1966 di Manggar Belitung Timur. Meskipun beretnis Tionghoa, Beliau menganut agama Kristen Protestan. Beliau menyelesaikan pendidikan hingga SMP di tanah kelahirannya lalu akhirnya pindah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan hingga lulus kuliah S1 Geologi di Universitas Trisakti pada tahun 1989. Setelah itu, Beliau tak lantas mencari pekerjaan di ibukota, melainkan pulang ke kampung halaman dan menetap di Belitung. Di sana Beliau sempat mendirikan perusahaan di bidang pertambangan. Namun, setelah 2 tahun mengelola perusahaan, Beliau memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S2 manajemen keuangan di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya, Jakarta. Dengan begitu Beliau bisa mendapatkan cukup ilmu untuk mengelola dan mengembangkan perusahaannya.

Sebelum kembali ke Belitung, Ahok pernah bekerja di PT Simaxindo Primadaya hingga tahun 1995, Beliau memutuskan pulang kampung dan memulai kembali bisnisnya. Selama mengelola perusahaannya, Beliau mengalami banyak pengalaman pahit saat berurusan dengan birokrasi yang mempersulit perusahaannya. Dari situlah Beliau memiliki motivasi untuk terjun ke dunia politik dengan tekad membenahi birokrasi dan ingin memperjuangkan kepentingan rakyat kecil, khususnya di tanah kelahirannya. Awal mula Beliau masuk ke dunia politik dimulai dengan terpilihnya sebagai anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur untuk periode 2004-2009.

Setelah itu, kariernya di dunia politik terus berkembang. Dengan kinerjanya yang baik selama bertugas di DPRD, Ahok berhasil merangkul masyarakat dan terus mendukung karier berpolitiknya. Hal ini terbukti, karena selama masa jabatannya, Beliau dikenal sebagai anggota legislatif dengan integritas tinggi, berani menolak berbagai macam bentuk korupsi seperti KKN, uang sogokan dan lainnya. Bahkan, saat berkampanye pun, Beliau tidak pernah menerapkan cara yang biasa dilakukan beberapa politikus, yaitu memberikan sejumlah uang untuk mendapatkan dukungan. Meskipun menerapkan cara kampanye yang berbeda, Beliau tetap memenangkan suara pada pemilihan Bupati Belitung pada periode 2005-2010.

Prinsipnya yang tegas juga membawanya kepada kesuksesan karier politiknya. Tidak hanya bebas dari tindakan korupsi, Ahok juga berhasil menerapkan sistem transparan kepada rakyatnya. Bahkan, Beliau melakukan hal yang tidak banyak pemimpin lain berani melakukannya, yaitu memberikan nomor handphone pribadinya untuk berkomunikasi langsung dengan rakyat dan menampung keresahan mereka. Prinsip ini terus Beliau pegang di sepanjang karier politiknya, termasuk saat menjabat sebagai anggota DPR komisi II untuk periode 2009-2013 dan berlanjut sebagai wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Joko Widodo sebagai Gubernurnya. Hingga saat ini, Beliau menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga periode 2017. Kinerjanya selama menjabat sebagai Gubernur selama kurang lebih hampir 4 tahun ini yang sudah terbukti baik dan mampu membuat DKI Jakarta menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kinerja Basuki Sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta

Menurut survei yang juga pernah dilakukan untuk kinerja Fauzi Bowo dengan waktu yang sama yaitu 1,5 tahun sebelum pilgub selanjutnya, Ahok sola kinerjanya dinilai lebih positif dengan 64 persen tingkat kepuasan. Adapun beberapa catatan mengenai perubahan positif yang telah dilakukan untuk Jakarta sebagai berikut. Salah satu masalah umum yang ada di Jakarta tentunya adalah banjir yang selalu saja melanda saat musim hujan tiba. Meskipun sudah menjabat selama kurang lebih setahun sebagai Gubernur, Beliau belum sepenuhnya mengatasi permasalahan tersebut. Namun, berkat usahanya dalam membenahi beberapa bantaran kali, pembangunan gorong-gorong, beberapa titik banjir, sekarang Jakarta sudah bebas dari masalah ini.

Kemudian, masalah umum berikutnya adalah mengenai kemacetan lalu lintas yang tidak pernah terselesaikan. Meskipun masalah kemacetan ini belum sepenuhnya teratasi, setidaknya Ahok telah sedikit demi sedikit membenahi akar permasalahannya. Pertama, Beliau berhasil dengan tegas menertibkan para pedagang kaki lima di trotoar. Kedua adalah penilangan terhadap kendaraan yang parkir sembarangan di pinggir jalan. Ketiga, penertiban terhadap pasar pagi dan angkutan umum yang sering ngetem di bibir jalan. Dan terakhir adalah pembuatan MRT yang belum selesai. Meskipun begitu, bisa dipastikan cara-cara tersebut menghasilkan perubahan besar untuk Jakarta di masa mendatang.

Lalu, yang tidak kalah penting adalah mengenai soal bantuan sosial seperti kesehatan dan pendidikan untuk rakyat yang tidak mampu. Meneruskan program yang telah dibuat bersama Joko Widodo saat masih menjabat sebagai Gubernur sebelumnya, hingga saat ini program kartu Jakarta sehat dan pintar terbukti telah banyak membantu para rakyat miskin. Masyarakat yang tidak mampu, kini sudah tidak lagi kesulitan mendapatkan berbagai bantuan yang dibutuhkan karena memang sistem yang diberlakukan dibuat dengan semudah mungkin dengan birokrasi yang matang. Meskipun program ini dinilai masih belum merata, setidaknya sebagian besar masyarakat Jakarta mengaku puas akan kinerja Basuki Tjahaja Purnama. Namun begitu, tetap saja masih perlu perbaikan dan usaha lebih untuk membangun Jakarta yang lebih baik lagi.

Keikutsertaan Basuki dalam Pemilihan Gubernur 2017

Seperti yang Anda tahu, bahwa Basuki Tjahaja Purnama berada di bawah naungan partai politik Gerindra saat mencalonkan diri menjadi wakil gubernur bersama Jokowi saat itu. Namun, tahun lalu, Beliau memutuskan untuk keluar dari partai tersebut. namun untuk keikutsertaannya dalam pemilihan gubernur 2017, Beliau sudah bisa memastikan ikut pagelaran hajat KPU Provinsi DKI Jakarta ini. dan ahok juga didukung dan bergabung dengan beberapa partai salah satunya pengusung Basuki Tjahaja Purnama adalah PDI-Perjuangan dimana menempatkan kadernya Djarot sebagai Wakilnya Basuki Tjahaja Purnama DKI Jakarta di PILGUB. Ahok dikenal sebelumnya, bertekad secara independen dalam pemilihan gubernur,  Meskipun demikian, tidak sedikit masyarakat Jakarta yang berharap Basuki terpilih kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk periode selanjutnya karena masih banyak  program yang belum selesai dilaksanakan.

Itulah sedikit informasi mengenai Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta saat ini. Biografi singkat dan sedikit catatan kinerja Beliau tersebut mungkin masih belum bisa menggambarkan secara keseluruhan siapa sebenarnya Basuki Tjahaja Purnama. Namun, Anda bisa menilai sendiri melalui aksi nyata Beliau saat memimpin ibu kota Indonesia untuk sekarang ini. Beberapa perubahan positif pun sudah mulai terlihat di ibu kota. Jika Anda mengharapkan Jakarta menjadi lebih baik, tidak ada salahnya jika Anda terus mendukung apa yang sedang dilakukan Beliau untuk pemerintahan Jakarta hingga 2017.

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
085215065557
087776085557
admin[at]penjualweb.com