Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Hosting, Definisi dan Fungsinya

Okt
18
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Semua hal yang berhubungan dengan internet pasti erat kaitannya dengan hosting. Apa itu hosting? Hosting adalah space atau tempat khusus di internet yang berfungsi untuk menyimpan data-data dari sebuah situs. Situs yang dimaksud disini bisa jadi situs pribadi, situs blog, atau situs perusahaan. Data-data yang tersimpan tersebut bisa berupa, HTTP, FTP, EMAIL, maupun DNS.

hosting

Sebuah jasa penyedia server biasanya menyediakan hosting kepada pelanggan-pelanggannya. Umumnya satu server digunakan untuk beberapa pelanggan agar biaya sewanya terjangkau. Berdasarkan perkembangannya hosting sering digunakan untuk kebutuhan web server maupun mail server. Untuk web server dapat digunakan untuk portal berita, portal perdagangan, portal organisasi (komunitas), portal gallery, product catalog, dan company profile. Sedangkan mail server biasa digunakan sebagai media komunikasi secara elektronis antara satu orang dalam satu komunitas ataupun beda komunitas.

Secara umum baik web server maupun mail server berada dalam cakupan server yang sama, namun dapat juga dipisah menjadi dua server. Intinya baik penggabungan maupun pemisahan keduanya tergantung dari kebijakan penyedia jasa. Disamping itu penggabungan atau pemisahan memiliki keuntungan masing-masing. Penggabungan lebih menguntungkan dalam hal kemudahan maintenance, sementara pemisahan lebih mudah dalam pengaturan bandwidth.

Tingkatan-tingkatan Hosting

Perkembangan hosting tidak hanya sebatas web server dan mail server. Banyak aplikasi lain, misalnya DNS server yang juga disewakan. Adapun DNS server yang disewakan umumnya berkaitan dengan Secondary DNS (backup Primary DNS).

Jika dibagi menurut tingkatan, tingkatan hosting dibagi menjadi beberapa bagian seperti berikut ini:

  • Hosting-Shared

Shared-hosting memungkinkan masing-masing client mendapat satu username dan password untuk satu atau beberapa web milik yang bersangkutan.

  • Hosting-Reseller

Reseller-hosting dalam hal ini berarti pihak penyewa bisa meng-handle atau me-manage banyak client shared hosting, menggunakan sebuah username serta password.

  • Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server hosting bisa diartikan pihak penyedia jasa menyewakan sebuah server ke sejumlah pelanggan saja,namun dimata pelanggan seakan-akan pelanggan memiliki server sendiri. Virtual Private server ini merupakan jembatan ke arah dedicated server, namun harga sewanya lebih murah dibanding dedicated server.

  • Dedicated Server

Dedicated server sama artinya pihak penyedia jasa menyediakan sebuah server secara fisik (bukan virtual) kepada pelanggan.

Baik shared , reseller hosting, virtual private server, ataupun dedicated server pilihan mana yang paling tepat tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Pembagiannya mungkin seperti ini: apabila website yangd dikelola hanya 1 buah, pilihan paling tepat adalah shared hosting. Jika website yang dikelola lebih dari 5 buah, pilihan paling tepat reseller hosting. Jika website 50 keatas lebih tepat menggunakan virtual private server. Dan untuk website lebih dari 100 tentunya harus menggunakan dedicated server.

Web dan Mail-Hosting

Seperti yang dibahas diawal web dan mail hosting adalah bagian dari penyewaan server yang digunakan untuk berbagai kebutuhan terkait dengan website yang berisi portal-portal tertentu juga untuk komunikasi secara elektronis. Berikut ini penjabarannya:

  • Hosting-Web

Web hosting merupakan jasa penyewaan server yang berisi aplikasi (software) untuk kepentingan web server. Definisinya, web-hosting ini ruang lingkupnya terbatas pada web server, namun secara praktis web-hosting ini juga mencakup layanan untuk kebutuhan web mail server, selain untuk web server itu sendiri.

Jika dikaitkan dengan kebutuhan web server, kebanyakan web-hosting menggunakan software LAMP. Apa itu software LAMP? LAMP adalah singkatan dari Linux Apache MySQL & PHP. Linux adalah unix operating system untuk server yang sekarang ini paling berkembang. Apache adalah web server paling tangguh dan paling banyak digunakan. MySQL  adalah database tercepat untuk kebutuhan web sekaligus database paling banyak digunakan. Dan PHP adalah bahasa pemrograman paling mudah, handal, dan paling banyak dipakai di seluruh dunia.

Web hosting sekarang ini tidak bisa dilepaskan dari perkembangan sebuah perusahaan. Paling tidak di era modern seperti sekarang web hosting berperan besar dan mempengaruhi sebuah perusahaan dalam kompetisi bisnis. Dengan web-hosting sebuah perusahaan memiliki company profile sehingga citra perusahaan lebih terangkat. Dengan demikian lebih mudah bagi perusahaan mengenalkan produk ke konsumen.

  • Mail Hosting

Secara singkat, definisi mail hosting adalah sebuah jasa penyewaan server sekaligus aplikasinya (software) guna penerimaan serta pengiriman email. Dalam hal ini email lebih bersifat kompleks (private) dibandingkan web server. Secara garis besar web server menyampaikan informasi secara one to many, sedangkan email merupakan bentuk komunikasi many to many.

Jika masuk pada proses pengiriman email, ini juga harus melewati fase-fase yang cukup panjang. Contohnya, ketika seseorang user A mengirim sebuah email berisi tentang program, maka dia akan mengirim email ke server tertentu, misalnya server A. baru dari server A kemudian diteruskan ke server tujuan, misalnya server B. Seseorang atau penerima, misalnya user B (pemilik alamat penerima email) akan men-download email yang diterimanya di server B.

Jadi kesimpulan dari penjelasan mail hosting diatas terjadi skema yang dimulai dari user A >> server A >> server B >> user B. Umumnya proses perjalanan pesan atau email tidak instant namun secara merambat. Bisa dibilang ketika user A mengirimkan email tidak serta merta user B menerima email tersebut diwaktu yang bersamaan.

Perjalanan email bisa jadi tidak berjalan mulus, kemungkinan terkendala dari satu titik ke titik lain. Kendala yang kerapkali muncul adalah ketidakstabilan jaringan. Misalnya jaringan yang terputus dari user A menuju server A, atau dari server A menuju server B, atau dari server B menuju user B. Atau bisa juga jaringan server dalam kondisi penuh saat melakukan pengiriman. Dengan demikian ada semacam manajemen antrian pada setiap titik karena situasi tersebut.

Kendala lain ketika pengiriman email tidak berjalan mulus bisa jadi karena kesalahan penulisan alamat penerima. Jika ini terjadi pesan langsung dikembalikan kepada pengirim dalam hitungan detik. Kondisi yang sama juga bisa disebabkan kesalahan penerima dan pengirim sehingga memungkinkan adanya prosedur bounce, intinya tidak boleh ada bouncer terus menerus tanpa akhir.

Masalah lain pada pengiriman email adalah spam. Spam terjadi ketika user mengirim kan email dalam jumlah ribuan ke ribuan penerima sehingga membuat jaringan mampet (overload). Dan masalah yang paling berbahaya dalam pengiriman email adalah adanya penyebaran virus yang disengaja melalui email. Hal ini perlu diwaspadai karena bisa terjadi pencurian data pengguna. Penyebaran virus melalui email ini sering dikaitkan dengan kejahatan ciber (cyber crime) dari seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan tertentu.

Email memang aplikasi yang sangat rumit, namun tetap menjadi media komunikasi yang efektif, simple, dan mudah penggunaannya. Jadi sebaiknya menggunakan email secara bijak dan tidak dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan kriminal.

Demikan pembahasan tentang hosting, web-hosting, dan mail-hosting. Semoga bermanfaat.

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
087776085557
admin[at]penjualweb.com