Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Cara Membuat Slime Mudah dan Aman untuk Dimainkan Anak-Anak

Nov
14
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Seperti yang diketahui, permainan slime sedang populer di kalangan anak-anak. Maka dari itu, tak heran jika banyak masyarakat yang mencari informasi mengenai bagaimana cara membuat slime sendiri di rumah. Namun satu hal yang perlu Anda tahu bahwa tak semua slime yang beredar di pasaran cukup aman untuk dijadikan mainan anak. Pasalnya, ada banyak oknum pedagang yang membuat slime dengan bahan kimia berbahaya, salah satunya adalah boraks. Penambahan boraks ini dilakukan agar slime yang dibuat mampu bertahan lama. Akan tetapi, penambahan boraks tersebut tentunya akan menimbulkan dampak yang negatif untuk anak. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua harus lebh cermat lagi dalam memilih slime yang aman untuk anak. Meskipun begitu, mungkin akan sulit bagi Anda untuk membedakan mana slime yang aman dengan yang tidak. Tak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa memberikan mainan slime tersebut kepada anak dengan cara membuatnya sendiri di rumah.

cara membuat slime

Sebelum membahas mengenai cara membuat slime, Anda sebagai orang tua harus tahu apa yang dimaksud dengan slime. Orang tua setidaknya harus paham mengetahui apa yang anaknya dimainkan dan seberapa amankah mainan-mainan tersebut. Slime sendiri merupakan gumpalan bahan yang bertekstur pekat, lengket dan juga kental seperti lem atau gel. Saat disentuh, slime akan terasa dingin namun lengket di tangan.

Cara membuat slime sederhana merupakan cara terbaik untuk Anda meminimalisir rasa kekhawatiran yang mungkin dirasakan karena adanya pedagang nakal yang tidak bertanggung jawab. Tak hanya bisa dijadikan mainan yang mengasyikan bagi anak, slime juga memiliki fungsi yang tidak banyak diketahui masyarakat. Salah satu manfaatnya adalah sebagai pembersih alat-alat elektronik. Saat Anda akan membersihkan gadget, laptop atau komputer, maka akan ada saja bagian kecil yang sulit dijangkau oleh jari tangan, baik menggunakan bantuan tisu, cutton bud ataupun benda lainnya. Oleh karena itu, penggunaan slime sebagai alat pembersih yang efektif ini bisa dijadikan solusi terbaik. Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana dan aman dalam membuat slime.

Langkah-langkah Membuat Slime

  1. Menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Cara membuat slime yang pertama adalah menyiapkan segala bahan yang dibutuhkan, di antaranya adalah baby oil satu botol, slime activator satu botol, pewarna makanan, sendok, lem povinal satu botol dan piring.

  1. Membuat adonan

Jika bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah membuat adonannya. Cara membuat slime adalah dengan menuangkan lem povinal ke dalam piring. Jika lem selesai dituangkan, maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah menuangkan pewarna yang telah disiapkan sesuai selera ke dalam lem povinal. Aduk kedua bahan tersebut hingga merata dan warna bercampur dengan baik. Untuk penambahan warna ini, Anda hanya perlu memasukkannya sebanyak 3 tetes. Ukuran tersebut sudah lebih dari cukup untuk membuat lem povinal berwarna cerah dan menarik perhatian anak. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata, Anda bisa menambahkan bahan slime activator ke dalam adonan slime. Tak perlu menuangkan slime activator sekaligus, Anda hanya perlu menambahkannya secara perlahan sedikit demi sedikit hingga adonan benar-benar membentuk gel dan tidak lagi lengket di piring.

  1. Buat adonan menjadi tidak lengket

Cara membuat slime selanjutnya adalah mencampurkan baby oli ke dalam gel slime yang telah dibuat tadi. Langkah ini dilakukan dengan tujuan agar slime yang dibuat tidak lengket di tangan. Seperti diketahui, slime memang memiliki tekstur yang terlihat lengket seperti gel. Namun, slime tidak begitu lengket di tangan sehingga sangat mudah dibersihkan tanpa air sekalipun. Karena itu, penambahan baby oil bisa dijadikan cara paling aman agar slime bisa dimainkan dengan mudah oleh anak-anak.

  1. Mainkan slime

Apabila semua bahan telah dicampurkan dan tidak lengket di tangan Anda, maka mainan ini sudah bisa diberikan kepada anak-anak sebagai permainan yang menyenangkan.

Melihat betapa mudahnya cara membuat slime, maka tak ada salahnya jika Anda membuat mainan ini bersama dengan sang buah hati. Kegiatan ini tentu akan membuat anak semakin bersemangat dan menambah keakraban antara anak dan orang tua. Selain itu, bahan-bahannya juga sangat mudah diperoleh di tokopedia.

Jika slime yang telah dibuat mulai kotor, Anda bisa segera membuat slime sendiri di rumah mengingat cara membuat slime begitu sederhana serta bahannya yang mudah didapatkan do toko-toko terdekat. Dengan adanya langkah-langkah membuat slime di atas, maka Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir terkait mainan anak yang satu ini.

Demikian ulasan terkait bagaimana cara membuat slime yang mudah dan aman dimainkan anak. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda agar selalu dapat memberikan mainan yang terbaik untuk sang buah hati. Jadilah orang tua cerdas bagi anak-anak Anda.

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
087776085557
admin[at]penjualweb.com