Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Cara Memaknai Hari Proklamasi Indonesia

Agu
17
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Bagi masyarakat Indonesia, hari Proklamasi merupakan peristiwa bersejarah yang selalu dikenang hingga sekarang. Bagaimana tidak? Ratusan tahun dijajah negara asing membuat masyarakat tanah air bangkit dari keterpurukan dan menyuarakan haknya untuk merdeka sebagai bangsa yang utuh. Memaknai hari kemerdekaan ada banyak sekali caranya. Salah satunya adalah belajar dengan giat agar dapat mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang tertanam pada pembukaan UUD 1945.

Bagi generasi penerus bangsa yang memiliki keahlian, baik di bidang olahraga, kesenian, wirausaha dan lain sebagainya juga bisa menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara merdeka yang memiliki banyak sekali generasi berprestasi yang mampu membanggakan tanah air. Memaknai hari bersejarah Indonesia ini pada dasarnya adalah mengingat perjuangan para pahlawan terdahulu yang rela berkorban melindungi negara tercinta, Indonesia.

proklamasi

Sebelumnya, tahukah Anda apa yang dimaksudkan dengan Proklamasi? Sebenarnya, asal mulanya berasal dari bahasa Yunani yaitu proclamation yang memiliki arti pengumuman yang berkaitan dengan ketatanegaraan kepada seluruh rakyat. Tak hanya untuk rakyatnya sendiri, pengumuman kemerdekaan ini juga ditujukan kepada seluruh dunia serta semua bangsa. Tak heran jika saat hari kemerdekaan, masyarakat tanah air sangat antusias untuk menunjukkan kepada dunia bahwa negara Indonesia menjadi salah satu negara yang merdeka, mandiri, kekal dan tidak terikat dengan negara manapun.

Peristiwa Sebelum Hari Proklamasi

Seperti yang diketahui, sebuah bom atom menghancurkan sebagian besar kota Hiroshima Jepang pada tanggal 6 Agustus 1945 oleh Amerika Serikat. Dan peristiwa tersebut, mental tentara Jepang menurun dan tentunya hal ini menjadi celah bagi rakyat Indonesia untuk mulai melakukan penyerangan agar segera memperoleh kemerdekaan. Sehari setelah peristiwa mengeboman tersebut, BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia  mengubah nama menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI. Bom kedua dijatuhkan pihak Amerika di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945, sehingga membuat Jepang menyerah kepada Negara Amerika Serikat. Kejadian ini tentu dijadikan sebagai momen terbaik bagi Bangsa Indonesia untuk melaksanakan Proklamasi kemerdekaannya. Bagi bangsa Indonesia, deklarasi kemerdekaan merupakan puncak dari revolusi serta tonggak bersejarah dalam memperjuangkan tanah air agar dapat terlepas dari belenggu para penjajah.

Maksud dari Proklamasi Kemerdekaan

Pengumuman kemerdekaan adalah suatu hal yang sangat dinanti-nanti oleh negara yang belum merdeka. Sebab dengan mendeklarasikan kemerdekaan, bangsa dan negara tersebut akan memperoleh persamaan hak dan hidup sederajat dengan negara dan bangsa lainnya. Pada dasarnya Proklamasi kemerdekaan memiliki beberapa maksud, beberapa diantaranya adalah:

  1. Dapat terbebas dari ikatan penjajahan bangsa lain;
  2. Bisa hidup dengan sederajat bersama bangsa-bangsa lainnya yang telah merdeka.
  3. Menjadi negara dan bangsa yang berdiri sendiri dan juga mandiri
  4. Supaya tujuan nasional bangsa tercapai.

Setelah menyerahkan diri kepada Amerika, Jepang menjanjikan kemerdekaan Indonesia sesegera mungkin. Namun, para pemuda tanah air yang tidak ingin berlama-lama menekan bung Karno dan juga bung Hatta untuk segera melaksanakan proklamasi kemerdekaan. Persis dua hari setelah pertemuan di Dalat, Vietnam, Sutan Syahrir langsung mendesak Soekarno untuk mengumumkan deklarasi kemerdekaan. Karena sebagian masyarakat menganggap bahwa pertemuan di Vietnam tersebut merupakan tipu muslihat yang dilancarkan pihak Jepang terhadap bangsa Indonesia.  Dari pertemuan di Dalat tersebut, bung Karno memang belum begitu yakin jika Jepang telah menyerah. Sehingga beliau sangat berhati-hati agar tidak terjadi tumpah darah saat melaksanakan pengumuman kemerdekaan. Disinilah muncul pertentangan tentang kapan waktu pengumuman hari kemerdekaan Indonesia antara golongan muda dengan yang tua. Golongan yang muda ingin deklarasi kemerdekaan segera dilaksanakan, sementara golongan tua tidak ingin tergesa-gesa dalam mengambil keputusan karena menyangkut keselamatan rakyat. Dibalik perseteruan antara keduanya, satu hal yang pasti bahwa mereka sama-sama menginginkan kemerdekaan untuk rakyat Indonesia agar bisa setara dengan negara lain yang sudah lama merdeka.

Setelah melalui banyak perdebatan yang panjang, bahkan diwarnai dengan peristiwa penculikan sang proklamator Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok, akhirnya Proklamasi kemerdekaan Indonesia diadakan pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan sederhana dan juga hikmat. Diiringi lagu “Indonesia Raya”, suasana pengibaran sang saka menjadi lebih berkesan dan melekat di ingatan masyarakat zaman dulu dan tetap dikenang oleh generasi sekarang. Segera setelah kemerdekaan, peristiwa penting ini langsung disiarkan ke pelosok negeri agar seluruh bangsa Indonesia tahu bahwa kini tanah tumpah darahnya sudah terbebas dari tangan-tangan para penjajah.

Salah satu tokoh yang berperan dalam penyiaran berita tentang kemerdekaan Indonesia ini adalah Adam Malik. Walaupun dalam proses penyiarannya ada perlawanan dari pihak Jepang, berita terkait Proklamasi kemerdekaan Indonesia telah tersebar ke seluruh pelosok negeri bahkan dunia dan menyulut jiwa nasionalisme serta patriotisme rakyat tanah air. Hingga saat ini, peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia ini selalu diperingati sebagai hari kemerdekaan yang akan teringat sepanjang masa.

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
085215065557
087776085557
admin[at]penjualweb.com