Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Bitcoin Sebagai Alat Transaksi | Cara Daftar Uang Virtual BTC

Nov
03
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Masih banyak masyarakat yang belum mengerti apa itu Bitcoin, bagaimana cara daftarnya, untuk apa penggunaannya dan lain sebagainya. Seperti yang kita ketahui, sekarang ini dunia internet semakin melekat dengan aktivitas manusia. Melalui jejaring internet kegiatan bisnis, bersosial, bahkan melakukan transaksi jual beli bisa dilakukan. Tak hanya sekedar melakukan transaksi, saat ini sudah ada mata uang virtual yang memungkinkan masyarakat untuk bertransaksi sama halnya dengan kurs mata uang biasa.

bitcoin

Nah, Bitcoin merupakan uang elektronik atau uang virtual yang bisa pakai untuk melakukan transaksi online. Mata uang ini dibuat oleh Satoshi Nakamoto di tahun 2009. Lain halnya dengan uang biasa yang berbentuk koin atau kertas, uang elektronik / virtual ini memiliki bentuk layaknya sebuah file biasa. File tersebut adalah enskripsi yang berasal dari kode-kode. Dimana dengan kode tersebut, uang satu dengan yang lainnya tak akan pernah sama. Untuk menyimpan uang virtual ini maka pemiliknya harus memiliki dompet. Dompet yang dimaksud disini berbeda dengan dompet uang pada umumnya karena seperti yang diketahui bahwa uang ini berbentuk file. Yang mana artinya uang virtual ini dapat disimpan ke dalam PC, flashdisk atau bisa juga sofware khusus yang disebut dengan BitCoin Digital Wallet.

Desain Bitcoin yang berbentuk file memungkinkan pemiliknya untuk tidak menggunakan nama alias anonymous serta melakukan pemindahan harta kekayaan. Tidak adanya administrasi tunggal membuat uang ini tidak mempengaruhi inflasi serta tidak terpengaruh dengan otoritas maupun pemerintah. Untuk memiliki uang ini, masyarakat harus memiliki akunnya sendiri. Dengan akun itu, pengguna dapat menabung dan mentransfer uang ke sesama pemilik akun. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki uang elektronik bernama Bitcoin ini, berikut adalah cara mendaftarnya.

“Gunakan bisnis Kurs bitcoin secara bijak, Segala Resiko Buruk / Dampak Negatif dari Kurs Bitcoin Bukan Tanggung Jawab Kami”

Cara Mendaftar Akun Bitcoin

  1. Isi form pendaftaran

Masuk ke alamat website Bitcoin untuk melakukan pendaftaran, disini. Kemudian diisi secara benar dan juga lengkap form pendaftaran yang muncul. Perlu diingat bahwa nomot telepon dan alamat email valid harus masih aktif. Karena nantinya akan dipakai untuk konfirmasi akun. Setelah itu, klik bagian yang menyebutkan bahwa Anda menyetujui setiap ketentuan yang diberlakukan. Jika proses pendaftaran berlangsung, maka Anda akan diminta untuk memeriksa kembali alamat email yang tadi dimasukkan. Segera buka email Anda dan klik link aktivasi pada inbox atau spam. Apabila sudah selesai dikonfirmasi, Anda coba masuk ke website pendaftaran tadi melalui opsi login. Masukkan alamat email beserta dengan password yang tadi Anda pilih saat pendaftaran.

  1. Konfirmasi akun

Selanjutnya pada layar akan muncul perintah untuk memasukkan pin verifikasi. Pin ini akan Anda peroleh dari sms yang dikirim ke nomor handphone yang didaftarkan tadi. Setelah Anda mengisi pin dengan benar, klik submit. Setelah berhasil login, Anda akan diminta untuk menginstal sofware Google Authenticator. Software ini berguna untuk mengamankan akun Bitcoin milik Anda.

  1. Instal Google Authenticator

Untuk dapat menginstal software ini, Anda cukup mengunduhnya di situs-situs terpercaya. Tak hanya bisa menggunakan PC, software ini juga bisa diinstal ada gadget atau smartphone Android. Cara menggunakan software ini terbilang mudah, Anda hanya perlu mengklik gambar yang menyerupai pensil selanjutnya klik tombol (+) dan klik opsi Scan QR Code. Sampai disini, Anda berarti sudah memiliki akun Bitcoin. Namun Anda masih harus melakukan verifikasi akun. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan hak sepenuhnya atas uang yang dimiliki. Hak tersebut diantaranya adalah melakukan deposit rupiah, transfer ke sesama pemilik akun, dan lain sebagainya.

  1. Verifikasi akun

Untuk melakukan verifikasi ini, Anda harus login terlebih dahulu ke website Bitcoin dan klik verifikasi akun. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi form profil berupa data diri sesuai dengan kartu identitas resmi. Hal ini diperlukan untuk memastikan keamanan Anda menyimpan uang. Setelah mengisi semua data yang diminta, maka selanjutnya Anda kirim data scan kartu identitas beserta foto diri dalam bentuk PNG atau JPG dengan ukuran maksimal 3 MB. Untuk foto diri, pemilik akun diharuskan untuk mengirim foto sambil memegang tulisan yang berisi nama jelas serta anda tangan. Apabila semua data diisi termasuk mengupload foto maka Anda hanya perlu menunggu konfirmasi diterima atau ditolaknya akun yang didaftarkan pada email. Apabila ternyata Anda di tolak, maka akan tercantum alasan lengkap mengapa verifikasi akun ditolak.

Jika diterima maka Anda sudah bisa melakukan transaksi layaknya pada bank biasa. Dimana Anda akan memiliki alamat Bitcoin berupa QR Code, yang bisa juga dianggap sebagai sebuah nomer rekening pada bank resmi. Adanya alamat akun ini, sangat memungkinkan bagi Anda untuk melakukan transfer, withdraw ke rupiah, belanja online dan lain sebagainya. Sebelum Anda melakukan pendaftaran ini, tak ada salahnya untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dari mata uang virtual ini bukan?

 

Kelebihan dan Kekurangan Mata Uang Bitcoin

Kelebihan yang pertama adalah cara pemakaiannya yang sederhana dan mudah. Dimana Anda tidak perlu bersusah payah menyertakan informasi identitas lengkap saat melakukan transaksi seperti biasanya paypal. Selain itu, akun Bitcoin juga memungkinkan untuk Anda melakukan transfer dengan mudah kemana saja dengan sistem keamanan yang tinggi. contohnya order di fiverr.

Disamping kelebihannya tersebut, ternyata Kurs Bitcoin yang terbilang masih berusia muda ini memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan yang pertama ada pada bentuknya yang berupa file. Jika mengingat bentuknya ini, maka mungkin saja jika uang virtual ini hilang, rusak ataupun terhapus karena perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanannya tersebut. Karena umurnya yang masih muda dan bergantung pada kepercayaan antar sesama pemilik, maka bukan tidak mungkin juga jika suatu saat nanti uang elektronik ini justru tidak digunakan lagi dan akhirnya tidak bernilai sama sekali.

Kelemahan mata uang ini juga ada pada transaksinya, yang mana ketika sudah melakukan transaksi menggunakan akun ini, Anda tidak diperbolehkan untuk membatalkannya. Sebab dana yang Anda kirim hanya bisa dikembalikan oleh si penerima. Oleh karena itu, setiap melakukan transaksi Anda harus berhati-hati dengan siapapun baik dalam berbelanja online, berbisnis dan lainnya. Meskipun begitu, akun ini mampu mendeteksi jika terjadi kesalahan ketik dalam penyertaan nama saat transaksi dan melarang pengiriman dana ke alamat yang salah. Dengan begitu, transaksi yang Anda lakukan akan tetap aman dan dalam pengawasan.

Kelemahan yang paling cukup mengkhawatirkan adalah mata uang ini masih termasuk dalam uji coba dengan pengembangan aktif. Walaupun penggunanya semakin banyak dari waktu ke waktu, mata uang ini masih belum bisa diprediksi untuk waktu ke depannya. Selain itu, seperti yang disebutkan bahwa mata uang Kurs Bitcoin bukanlah mata uang resmi. Yang artinya adalah negara akan meminta Anda untuk melakukan pembayaran pajak terkait penjualan, pendapatan, penggajian dan segala transaksi lainnya. Oleh karena itu, Anda harus selalu mentaati peraturan negara terkait pengadaan uang virtual ini.

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
087776085557
admin[at]penjualweb.com