Menu
Toko Online Sudah Mendukung Fitur Ongkos Kirim Otomatis Yang Lengkap JNE/WAHANA/POS/TIKI/SICEPAT DLL

Bahasa Pemrograman untuk Aplikasi Web

Nov
04
2016
by : admin. Posted in : Artikel

Untuk membuat sebuah website dibutuhkan penguasaan bahasa pemrograman. Secara garis besar yang dimaksud Programming-Language adalah bahasa atau kode khusus yang digunakan untuk menyusun struktur halaman situs. Bahasa pemrograman sendiri lebih dari satu, dan jika ingin benar-benar ahli dalam membuat situs web, maka wajib menguasai bahasa pemrograman berapapun jumlahnya.

Bahasa Pemrograman

Sebenarnya bahasa pemrograman untuk menyusun web termasuk bahasa yang paling mudah dikuasai. Disini yang dibutuhkan adalah keseriusan dan konsistensi dalam mempelajari hingga benar-benar menguasainya.

Bagi pemula, berikut Programming Language yang wajib dikuasai terkait pembuatan aplikasi web.

  • Bahasa Pemrograman HTML

Ini adalah Programming Language inti yang harus dikuasai terkait pengembangan aplikasi web. Secara umum struktur dasar HTML adalah kumpulan tag (kode yang bisa diterjemahkan browser). Penulisan tag sendiri diletakkan diantara tanda siku dan terdiri dari tag pembuka dan tag penutup.

CSS adalah script kode web untuk mendesain serta mengatur posisi tag-tag pada HTML. Misalnya jenis font, warna tulisan, warna tema, background dan lain sebagainya.

  • Bahasa Pemrograman java Script

Secara umum Java Script adalah kode khusus untuk membuat halaman website agar terlihat bagus dan interaktif. Misalnya waktu click menu terdapat tampilan scroll kebawah dan keatas, adanya tombol yang ketika mouse digerakkan bisa berubah warna, dan banyak lagi reaksi aktraktif lain sehingga pengguna tidak bosan berada di halaman web.

  • Server Web Programming Language 

Programming Language yang satu ini merupakan script yang diambil alih oleh server. Fungsinya untuk mempermudah manipulasi script HTML. Intinya jika pada script web terdapat bahasa pemrograman server web, dengan sendirinya bahasa server akan langsung diterjemahkan web-server dalam bentuk kode HTML.

Adapan contoh-contoh bahasa server yang penting untuk dikuasai mencakup bahasa pemrograman ASP, JSP, dan PHP. Sejauh ini yang palinhg populer dan sering digunakan adalah PHP. Ada beberapa kelebihan PHP dibanding Programming-Language server web lain. PHP lebih bersifat multi-platform, jadi bisa dijalankan dengan sistem operasi apapun seperti windows, macOS, linux, dan OS lainnya. Disamping multi-platform, PHP juga open source dan gratis. Oleh karena bersifat open-source maka kita tidak diwajibkan membayar licence alias gratis.

Meskipun tidak begitu sulit dipelajari namun untuk benar-benar menguasai Programming-Language membutuhkan waktu lama. Dan mungkin akan sangat memusingkan terutama bagi mereka yang tidak punya banyak waktu. Nah, bagi Anda yang membutuhkan website untuk kebutuhan toko online tidak perlu algi dipusingkan dengan namanya bahasa pemrograman. Anda cukup klik www.penjualweb.com. Jasa penjualweb.com menerima order pembuatan website untuk toko online atau website untuk kebutuhan apa saja dengan cepat, lengkap, dan murah. Berbagai pilihan desain bisa ditentukan sendiri oleh pelanggan dan akan dikerjakan secara profesional. Hubungi sekarang juga di www.penjualweb.com atau CP: 085215065557 (fast respons).

Berlangganan PenjualWeb.Com via Email

Masukkan alamat e-Mail Anda untuk berlangganan artikel website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan artikel baru publish melalui e-Mail anda.

Purwakarta
087776085557
admin[at]penjualweb.com